8 Aplikasi untuk Meningkatkan Kualitas Video Resolusi Rendah pada Video Anda

JagoTekno – Jika anda merekam video menggunakan perangkat seluler, anda pasti pernah mendapatkan hasil video yang tidak seperti yang diinginkan.

Hasilnya burik, kurang tajam, dan warnanya agak pudar/tidak ngejreng/natural.

Penyebabnya biasa ditemukan pada saat merekan video karena tangan yang gemetar, pencahayaan yang kurang ideal, atau hp/alat perekam yang memiliki kualitas rekaman yang buruk.

Jika Anda pernah bertanya-tanya bagaimana cara meningkatkan kualitas video, pada artikel ini akan dijelaskan beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan hasil video dengan kualitas terbaik.

Untuk itu mari kita melakukan enhance terhadap video-video kita.

Mengapa Anda Harus menggunakan fitur enhance pada video anda?

Untuk mendapatkan hasil video dengan kualitas maksimal, maka cara yang paling mudah dilakukan adalah dengan melakukan enhance pada video. Memang tidak selalu harus dilakukan pada setiap video. Tetapi ini bisa dilakukan untuk kondisi video tertentu, seperti yang dijelaskan di awal.

Secara default, tidak semua aplikasi menyertakan semua fitur enhance/editing videoo, tetapi setidaknya ketahui beberapa fitur ini pada aplikasi yang anda gunakan nanti :

  • Resolusi yang bisa ditingkatkan
  • Ligting/pencahayaan yang lebih baik
  • Stabilitas yang lebih baik
  • Denoising
  • Penyesuaian kecerahan
  • Memotong, memutar, dan membalik
  • Filter
  • Efek dan animasi

Nah dari daftar enhance di atas, berikut beberapa aplikasi untuk melakukan edit video untuk mendapatkan hasil terbaik.

Filmora

Tersedia di: Windows, Mac

Jika Anda mencari penambah video desktop yang terjangkau, Filmora adalah pilihan yang tepat. Anda dapat membayar $ 39,99 / tahun atau membeli lisensi seumur hidup dengan $ 59,99.

Video editor ini tersedia dalam versi gratis, tetapi pada hasil export video akan menyertakan watermark. Dan banyak efek yang masih terkunci.

Di aplikasi Filmora anda bisa melakukan enhance video terhadap kontrol stabilisasi, kecerahan, kontras, warna, dan saturasi. Ada juga banyak overlay, grafik gerak, dan templat judul.

Terakhir, banyak format video didukung. Sehingga anda bisa mengekspor video dalam format yang dioptimalkan untuk posting di YouTube dan Vimeo.

PowerDirector

Tersedia di: Android

PowerDirector merupakan aplikasi kelas profesional, namun gratis untuk diunduh dan digunakan khusus untuk pengguna Android.

Faktanya aplikasi PowerDirector sudah diunduh sebanyak lebih dari 10 juta.

Fitur yang ada di PowerDirector adalah seperti pengeditan timeline multi-track, efek, dukungan untuk layar biru dan layar hijau dengan pengeditan kunci chroma, suara, dan berbagai macam efek.

Selain bisa digunakan untuk edit video, aplikasi ini juga memiliki editor foto. Jika Anda sudah menggunakan editor foto untuk Android, Anda mungkin dapat menghapusnya menghemat ruang di perangkat Anda.

Unduh: PowerDirector (Gratis)

Avidemux

Tersedia di: Windows, Mac, Linux

Avidemux adalah aplikasi pengeditan dan pemrosesan video open source gratis.

Fitur enhance yang bisa memaksimalkan video anda yang terdapat pada aplikasi ini adalah stabilizer video dan mengubah resolusi video.

Aplikasi ini mendukung format video FLV, MKV, AVI, WMV, MOV, OGM, MPEG, MP4 dan banyak lagi.

Kekurangan aplikasi ini adalah Avidemux tidak memiliki fitur timeline video atau efek kreatif. Sehingga mungkin tidak cocok untuk orang yang ingin melakukan potong sambung video untuk pekerjaan mereka.

Unduh: Avidemux (Gratis)

Pinnacle Studio Pro

Tersedia di: iOS

Pinnacle Studio Pro merupakan salah satu aplikasi video editor terbaik untuk pengguna iOS.

Pinnacle memiliki fitur untuk kontrol kecepatan dan transisi, pengeditan frame individual, efek seperti gambar-dalam-gambar dan pan-dan-zoom, dan sebuah editor audio.

Ini juga merupakan aplikasi yang sangat baik untuk orang-orang yang ingin memposting video yang untuk format di media sosial, dengan tombol share yang mudah untuk YouTube, Facebook, Twitter, dan lain-lain.

Sayangnya, tidak seperti PowerDirector, Pinnacle Studio Pro tidak gratis. Anda harus membayar biaya satu kali sebesar $ 12,99 untuk lisensi.

Unduh: Pinnacle Studio Pro ($ 12,99)

FonePaw Video Converter Ultimate

Tersedia di: Windows, Mac

Fitur utama dari aplikasi ini adalah meningkatkan resolusi video. Bagi anda yang memiliki rekaman video dengan resolusi rendah maka Anda bisa konversi video menjadi 720p, 1080p, dan 4K.

Kelebihan lainnya adalah bisa mengatur kecerahan video, mengurangi guncangan dan mengedit white balance video sesuai saturasi dan kontrasnya.

Format video yang didukung oleh FonePaw Video Converter Ultimate ada banyak seperti MKV, AVI, WMV, MP4, FLV, MP3, WAV, M4A, WMA, 3GP, dan MJPEG.

Tapi sayangnya aplikasi ini tidak gratis. Anda dapat menikmati uji coba tanpa batasan, tetapi setelah itu Anda harus membayar $ 29,95 untuk lisensi seumur hidup.

Unduh: FonePaw Video Converter Ultimate ($ 29,95)

Videoshop

Tersedia di: Android, iOS

Videoshop adalah aplikasi smartphone yang bisa digunakan di platform Android dan IOS yang senang membuat konten di sosial media.

Anda yang senang menambahkan berbagai efek audio, termasuk suara binatang, kentut, ledakan, dan tawa bisa dengan mudah dengan aplikasi ini. Dengan Videoshop anda juga bisa membuat video stop motion untuk video pendek di Twitter, dukungan video slideshow, dan perpustakaan musik stok.

Fitur-fitur seperti trimming, gerakan lambat, gerak cepat, sulih suara, dan pemutaran mundur semuanya ada, menjadikannya video editor yang bisa diperhitungkan diantara kompetitornya.

Download sekarang dan mulai berkarya karena ini adalah aplikasi gratis.

Unduh: Videoshop untuk Android | iOS (Gratis)

VN

Tersedia di : Android dan IOS (gratis)

Aplikasi ini adalah yang menjadi favorit saya untuk membuat konten video untuk sosmed.

Kelebihannya :

  • Edit durasi
  • Potong sambung video
  • Foto menjadi video
  • Punya banyak efek dan transisi
  • Bisa memasukkan audio ke video
  • Gratis
  • Memiliki berbagai macam format video seperti 1:1, 16:9, dan lain-lain untuk kebutuhan story ig atau wa.

InShot

Tersedia di: Android, iOS

Inshot memungkinkan anda untuk memiliki kontrol penuh atas video yang anda buat nanti. Fitur yang melimpah seperti :

  • Trim video,
  • splitter,
  • dan merger,
  • filter
  • dan efek yang tak terhitung jumlahnya,
  • kontrol kecepatan,
  • konverter format video,
  • dan editor audio.

Aplikasi ini sudah banyak digunakan oleh pengguna sosial media. Wajar saja total unduhannya mencapi lebih dari 100 juta kali.

Unduh: InShot untuk Android | iOS (Gratis)

Demikian cara meningkatkan kualitas video anda menggunakan aplikasi android dan ios mulai dari yang gratis sampai yang berbayar.

Tinggalkan komentar