Penyebab dan Solusi Mengatasi Baterai Laptop Tidak Terisi 100% Penuh

JagoTekno – Saya memiliki sebuah komputer jinjing (laptop) yang hampir setiap hari saya gunakan untuk bekerja.

Sebagaimana biasanya barang elektronik seperti ini dilengkapi dengan baterai untuk bisa berfungsi. Dan sudah pasti komponen tersebut ada umurnya untuk bisa digunakan secara normal.

Seiring waktu, semakin sering digunakan maka pasti fungsinya akan berkurang.

Kendala yang biasa dialami oleh pemilik laptop seperti :

  • Laptop lama di cas (charge) tetapi tidak terisi
  • Laptop tidak bisa digunakan tanpa dicolok ke listrik
  • Baterai laptop cepat habis saat digunakan meski sudah dicharge lama.
  • dan masih banyak lagi.

Beberapa hal di atas mungkin pernah anda alami juga sebagai pemilik laptop.

Saya sendiri sudah mengalaminya pada laptop yang saya gunakan.

Laptop yang saya gunakan sudah berumur lebih dari 5 tahun. Baru sekali ganti baterai.

Tetapi belum lama baterainya digunakan, kemampuannya kembali tidak bagus lagi (karena baterai yang saya beli ternyata bukan baterai asli).

Okelah, saya pikir yang penting laptop saya bisa menyala saja.

Nah, pada artikel ini saya ingin membagikan tips seputar cara merawat baterai laptop supaya awet. Anda pemilik laptop baru atau bekas wajib ketahui hal-hal ini.

Gunakan listrik yang stabil saat cas baterai

Pastikan rumah anda memiliki daya listrik yang stabil, tidak naik turun. Jika anda mengisi daya laptop dengan kondisi seperti itu, maka komponen baterai akan cepat rusak karena nemerima daya yang tidak stabil.

Jangan gunakan colokan yang bercabang, colokin langsung di sumbernya. Biasanya jika berkumpul di cafe atau tongkrongan sambil membuka laptop, kita ramai-ramai memasang charger ke satu sumber yang sama.

Sepintas terlihat biasa saja, tetapi hal ini malah akan membuat aliran daya listrik tidak stabil masuk ke komponen komputer kita.

Apalagi jika ternyata aliran listrik tempat itu tidak stabil, maka siap-siap umur baterai tidak akan digunakan lama lagi.

Jangan menggunakan laptop sampai mati kehabisan batterai

Banyak yang membiarkan laptopnya digunakan sampai mati, sampai lupa di charge. Ini biasa terjadi jika sedang asyik nonton drama korea, dan lupa memperhatikan daya laptop karena ketutupan di layar.

Akhirnya laptop digunakan sampai mati. Hal ini menjadi salah satu penyebab baterai cepat rusak.

Perlu diketahui bahwa di laptop itu ada yang namanya counter limit yang akan menghitung seberapa sering baterai tersebut dicharge.

Jika anda pengguna laptop macbook, mungkin tidak asing dengan istilah circle count baterai saat ingin membeli macbook second.

Jadi, usahakan jangan membiarkan laptop mati karena kehabisan daya. Isi sebelum dayanya habis kira-kira di 10 atau 15 %.

Trik mengatasi baterai laptop/notebook supaya tetap awet

  1. Untuk pengguna windows, ubah critical battery level menjadi 10%. caranya,
    1. Klik start > control panel > power options
    2. Klik Select power plan
    3. Klik Change plan setting
    4. Klik Change advanced power setting
    5. Klik tanda (+) pada pilihan battery, low battery level, dan critical battery level, lalu ubah nilainya menjadi 10%.
  2. Untuk pengguna linux, anda bisa menggunakan perintah upower untuk melihat kondisi baterai anda.
  3. Ubah critical battery action menjadi hibernate. Ini berguna untutk mengubah status laptop berada dalam keadaan hibernate pada saat low power. Sehingga laptop tidak mati total, dan settingan masih tersimpan. Segera isi dayanya jika hal ini terjadi.
  4. Ketahui berapa lama laptop anda bisa bertahan. Ini akan membuat anda berjaga-jaga supaya siap-siap mengisi daya setelah laptop digunakan dalam waktu tertentu. Misalnya, laptop anda hanya bertahan 30 menit, maka siap-siap mengisi dayanya sebelum 30 menit.
  5. Ketahui software yang memakan daya lebih banyak. Misalnya anda membuka tab browser firefox sebanyak 10 buah, maka akan memakan banyak daya dibandingkan bekerja di 1 tab saja.
  6. Jika anda membeli laptop baru jaman sekarang mungkin sudah dilengkapi dengan teknologi memutuskan daya ketika baterai sudah terisi full. Jadi tidak akan merusak baterai. Namun jika laptop anda sudah lama, anda harus tetap waspada baterai laptop overcharged.

Tips mengisi baterai laptop yang benar

  1. Jika laptop anda laptop jadul, jangan charge laptop terlalu lama.
  2. Khusus untuk laptop yang memiliki fitur auto disconect charge, lakukan pengecasan di malam hari sebelum tidur sehingga laptop bisa langsung digunakan pada keesokan harinya.
  3. Saat charge laptop di malam hari, jauhkan dari tempat tidur anda karena barang elektronik memiliki radiasi yang tidak bagus untuk tubuh.

Akhir kata

Demikian tips merawat baterai laptop dengan benar.

Semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar