Cara Disable Update Kernel / Package Tertentu di Ubuntu

JagoTekno – Ubuntu merupakan salah satu distro terbaik yang ada di bumi. Mungkin tanpa ubuntu orang tidak akan kenal linux.

Selain karena gampang digunakan oleh pemula, ubuntu juga mudah diinstall dan memiliki banyak aplikasi karena memiliki base package .deb / Debian.

Seiring perkembangan waktu kernel linux setiap hari selalu diperbaharui. Entah itu pada sisi security maupun fiturnya. Namun pada setiap updatenya ternyata versi kernel tidak selalu akan berjalan stabil pada device kita.

Contohnya yang saya alami saat ini.

Saya menginstall PopOS versi 21.04 yang mana bawaannya terdapat kernel versi 5.10. Namun karena ekspektasi saya bahwa versi terbari lebih baik, maka saya coba install ulang ke versi 21.10.

Tapi apa yang saya dapatkan tidak sesuai ekspektasi, versi 21.10 (nvidia) bahkan memiliki performa yang jauh dibandingkan versi sebelumnya. Terjadi freeze saat saya menjalankan projek Codeigniter menggunakan Terminal Kitty + VSCodium + Firefox yang menjalankan youtube. Bahkan ketika saya sudah menggunakan WM only.

Akhirnya saya memutuskan untuk downgrade ke versi LTS saja (20.04) Nvidia version yang mana masih menggunakan kernel 5.4.

Perbedaan mencolok

Aplikasi terbatas

Saat menggunakan PopOS LTS 20.04 terdapat beberapa aplikasi yang tidak tersedia di repo seperti (picom), yang akhirnya saya harus install compton saja.

Performa

Pada versi LTS performa saat menjalankan projek Codeigniter saya berjalan lancar. Bahkan saat menjalankan apps yang saya sebutkan di atas. Sangat responsif.

Nah, saya tidak ingin ketinggalan mendapatkan update apps terbaru tapi tetap ingin menggunakan kernel yang stabil ini. Makanya saya pun berpikir untuk tidak upgrade khusus kernel nya saja.

Berikut caranya.

Cara disable upgrade tertentu

sudo apt-mark hold linux-image-generic linux-headers-generic

sudo apt update

sudo apt upgrade

Perintah di atas akan menahan kernel linux untuk tidak masuk dalam list upgrade. Meskipun pesan upgrade nya masih muncul pada perintah apt update.

Untuk menghentikan hold kernel ubah saja perintah di atas menjadi unhold.

Setelah itu jalankan perintah apt upgrade tanpa khawatir kernel tertentu akan ikut terupdate.

Perintah di atas bisa juga digunakan untuk menahan aplikasi lain untuk tidak diupdate. Tinggal masukkan saja list aplikasi yang diinginkan.

Demikian.

Tinggalkan komentar