Komponen Komputer yang Ada di PC dan Laptop Serta Penjelasannya

JagoTekno – Ada berbagai macam komponen komputer yang harus diketahui jika ingin belajar komputer.

Dengan memahami fungsinya maka kita bisa mengetahui apa dan bagaimana komputer / laptop bisa bekerja dengan optimal.

komponen komputer dan fungsinya

Processor

Merupakan komponen inti pada sebuah komputer yang berfungsi untuk mengatur semua tugas-tugas yang diberikan dari user ke komputer. Di komputer/laptop processor memiliki soket populer yang biasa kita ketahui dengan nama Intel dan AMD.

Memory

Memori bertugas sebagai komponen yang berdampingan dengan processor. Memori biasa dikenal dengan istilah RAM (Random Access Memory). Semakin besar RAM maka semakin banyak pekerjaan yang bisa ditangani secara bersamaan.

Ram memiliki slot yang dikenal dengan slot DDR, DDR2, DDR3, DDR4, dan SODIMM khusus untuk laptop.

Motherboard / Mainboard

Merupakan sebuah komponen utama tempat processor dan memori ditancapkan. Jika anda membeli processor AMD, maka anda juga harus membeli motherboard AMD untuk bisa memasang processor tersebut.

Cooler / Kipas

Komponen komputer akan panas jika digunakan dalam waktu yang cukup lama atau untuk mengerjakan pekerjaan yang berat. Maka dari itu dibutuhkan kipas.

Kipas yang wajib ada yaitu

  • Kipas processor / processor fan
  • Fan VGA
  • Fan casing

Khusus untuk fan processor terdapat berbagai pilihan, mulai yang mekanik sampai kipas tipe water cooling (menggunakan air).

Untuk kebutuhan kompetisi overclocking processor bahkan sengaja dipasangi pendingin berupa nitrogen cair supaya tidak terbakar saat dipacu performanya.

VGA (Video Graphic Array)

VGA merupakan komponen penting yangberfungsi untuk mengubah data komputer supaya bisa dilihat melalui monitor. Di dalam VGA terdapat GPU (Graphics Processing Unit) yang biasa kita kenali dengan nama ATI/AMD dan Nvidia.

Terdapat 2 tipe VGA yaitu onboard dan external.

Untuk laptop, VGA terpasang sebagai onboard, yaitu dipasang bersama dengan mainboard. Sedangkan untuk komputer pc, vga ada yang onboard ada juga yang terpisah.

Biasanya untuk kebutuhan komputer grafis dan gaming VGA external menjadi komponen yang wajib dibeli.

Hard disk dan SSD

Hard disk dan SSD merupakan komponen komputer yang wajib ada disetiap komputer. Fungsinya adalah untuk menyimpan data.

Laptop baru jaman sekarang sudah mulai berpindah menggunakan SSD, sedangkan HDD digunakan untuk menyimpan data saja. Kenapa? Karena ssd jauh lebih kencang daripada HDD.

Baca juga perbedaan HDD dan SSD.

Power Supply

Komponen ini hanya ditemukan pada komputer pc, sedangkan di laptop sudah memiliki baterai sebagai daya untuk menyalakannya.

Power merupakan komponen komputer yang harus ada. Meskipun banyak pilihan jenis power supply, anda jangan asal membeli komponen ini.

Power supply berfungsi sebagai pengatur daya yang dibutuhkan pc untuk berfungsi dengan normal. Dia akan memberikan berapa watt yang dibutuhakan tiap-tiap komponen yang ada di motherboard untuk berfungsi. Misalnya processor membutuhkan daya sebesar 45 watt, maka power supply harus memberikan daya tidak kurang dan tidak lebih dari itu.

Jika daya yang diberikan tidak stabil maka komponen komputer akan cepat rusak.

Membeli power supply yang bagus merupakan investasi yang terbaik bagi komputer pc.

Casing

Casing merupakan komponen komputer yang membungkus semua komponen di atas (Power supply, motherboard, cpu, vga, hdd/ssd). Casing komputer yang baik seharusnya memberikan ruang udara yang baik di komputer. Biasanya casing dipasangi fan untuk mengeluarkan udara dari dalamnya.

Selain itu casing juga didesain untuk membuat komputer anda terlihat bagus secara estetik, terlihat keren dan elegan.

Mouse

Mouse merupkan komponen komputer untuk menggerakkan pointer atau cursor atau panah di layar. Fungsi utamanya yaitu hanya sebagai navigasi untuk memudahkan user menggunakan dan mengakses komputer.

Trackpad

Terdapat di laptop, fungsinya sama seperti keyboard, hanya saja bentuknya seperti papan kecil yang bisa disentuh untuk menggerakkan pointer di layar.

Trackball

Merupakan komponen khusus untuk menggerakkan pointer. Jaman sekarang tracball digunakan sebagai input dari hardware khusus untuk menggunakan software desain khusus.

Trackpoint

Merupakan komponen kecil yang berada di antara tombol G dan H, untuk menggerakkan pointer/ kursor pada laptop. Anda bisa melihat trackpoint pada laptop dengan merek Thinkpad atau Dell.

Keyboard

Fungsi utama keybard adalah sebagai media input ke komputer. Hasil yang terlihat biasanya berupa kata-kata atau bahasa program yang diketikkan untuk bisa dibaca oleh komputer.

Ada berbagai macam keyboard, seperti membran keyboard, mechanical keyboard, chiclet keybard, dan lain sebagainya. Untuk user experience terbaik saya sendiri menggunakan keyboard mechanical.

Monitor

Monitor komputer yaitu layar yang berisi informasi untuk diakses oleh user. Monitor dulu bernama monitor CTR (monitor tabung), sekarang menjadi monitor LCD, LED, IPS, TN dan lain-lain.

Monitor memiliki refresh rate yang ditandai dengan hertz (Hz). Semakin tinggi refresh rate, maka semakin cepat monitor itu bisa menampilkan data di layar.

Untuk gamers, mereka membutuhkan monitor dengan refresh rate yang tinggi, sedangkan untuk kebutuhan editing dan grafis, minimal dengan 60 hertz, tetapi memiliki kualitas keluaran warna yang normal (tidak kebiruan atau kekuningan).

Monitor yang baik seharusnya menghasilkan warna yang sama yang terlihat di layar dengan yang hasil cetakan. Monitor yang baik seharusnya memberikan kenyaman di mata ketika digunakan dalam waktu yang lama.

Sesuaikan dengan kebutuhan anda. Semakin tinggi refresh rate, maka mata juga lebih nyaman menatap layar. Tapi tidak selamanya monitor dengan refresh rate yang tinggi bisa menghasilkan warna yang tajam dan baik.

Jadi sesuaikan dengan kebutuhan anda.

Akhir kata

Demikian penjelasan beberapa komponen inti dari komputer. Semoga menambah wawasan anda terutama bagi yang baru terjun di dunia komputer. 🙂

Tinggalkan komentar