Komputer Adalah

JagoTeknoKomputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut prosedur yang telah dirumuskan. Awalnya komputer diciptakan untuk melakukan perhitungan saja, contohnya kalkulator.

Seiring waktu komputer semakin berkembang, dan memiliki berbagai macam perangkat tambahan, seperti monitor, keyboard, mouse, hard disk dan lain-lain.

Lalu fungsi komputer pun berubah menjadi alat yang digunakan untuk mengelola data yang lebih besar, digunakan untuk bekerja atau untuk bersenang-senang, misalnya untuk bermain game.

komputer adalah alat hitung

Fungsi komputer

Ada berbagai macam fungsi komputer yang sekarang bisa dirasakan.

  • Komputer sebagai alat untuk mengerjakan berbagai macam tugas dan pekerjaan yang bersifat komputasi.
  • Komputer sebagai alat untuk menghibur diri dari kepenatan bekerja, contohnya memutar video atau musik favorit.
  • Komputer digunakan untuk orang bisa terhubung satu sama lain. Ini bisa anda rasakan ketika membaca artikel ini melalui device yang anda genggam atau lihat,
  • Komputer untuk menjalankan segala kebutuhan perusahaan dan semua teknologi yang dimilikinya.
  • Komputer untuk menyimpan data penting.
  • dan masih banyak lagi…

Komponen komputer

Komponen komputer disebut juga dengan istilah hardware atau perangkat keras. Berikut adalah komponen komputer secara umum yang biasa digunakan.

  • Processor
  • Memory
  • Motherboard
  • Casing
  • Power
  • Supply
  • CDRom
  • Monitor
  • VGA
  • Hardisk / SSD
  • Kabel Power

Cara kerja komputer

Komputer hanya merupakan perangkat keras, ibarat tubuh dia hanya bagian kepala, kaki, tangan, namun tidak memiliki jiwa.

Supaya komputer itu hidup dan berfungsi, dia harus memiliki jiwa.

Jiwa dari komputer adalah software, atau perangkat lunak.

Software adalah rangkaian program atau kode-kode yang hanya dikenali oleh komponen komputer. Ketika software diinstall di komputer maka komputer baru bisa berfungsi sebagaimana mustinya.

Saat komputer dinyalakan software yang pertama kali berjalan adalah BIOS lalu masuk ke OS dan program yang ingin kita jalankan.

BIOS adalah basic input output system yang fungsinya sebagai jembatan pengenal antara komponen komputer / hardware.

Ada berbagai macam OS yang biasa digukanan pada hampir semua komputer di muka bumi seperti Windows, Linux, MacOS, BSD, dan lain-lain.

OS merupakan perangkat lunak yang menjadi dasar penghubung antara software yang ingin kita gunakan untuk beraktivitas di depan komputer.

Perkembangan komputer

Perkembangan komputer juga semakin canggih. Komputer yang dulunya merupakan barang mewah yang disimpan di rumah, kini bisa dibawa ke mana-mana.

Bahkan fungsinya sudah menjadi sebagai alat komunikasi dengan adanya teknologi smartphone dan jaringan yang semakin cepat.

Teknologi semakin canggih membuat komputer menjadi semakin cepat dan semakin kecil, ini demi mendukung mobilitas manusia.

Siapa yang menggunakan komputer?

Saat ini bisa kita melihat betapa pentingnya pengetahuan terhadap cara menggunakan komputer. Anak-anak tingkat SD sekarang sudah mengenal komputer.

Ini adalah bekal yang baik untuk di masa depan yang serba komputasi.

Orang yang kerja di kantor saat ini sudah beralih menggunakan komputer. Hampir semua pekerjaan di kantor diselesaikan melalui komputer.

Atau orang tua di rumah, yang masih ingin terhubung dengan keluarga juga menggunakan komputer.

Saat ini, jika kita tidak tahu cara menggunakan komputer maka kita akan menjadi orang yang ketinggalan.

Dampak buruk komputer terhadap diri sendiri

Komputer hanyalah alat yang bebas untuk digunakan, kita yang harus pandai menggunakannya secara bijak.

Barang itu bisa menjadikan penggunanya semakin baik bahkan membuat orang menjadi buruk.

Dampak buruk yang paling sering ditemukan ketika menggunakan komputer adalah kebiasaan duduk yang terlalu lama. Yang mana akan menyebabkan kesehatan terganggu.

Duduk terlalu lama di depan komputer dan jarang minum bisa menyebabkan punggung sakit.

Selain itu mata juga akan kelelahan karena terlalu lama menatap layar monitor komputer.

Akhir kata

Kita sudah berada di era dimana semuanya serba komputer. Mulai dari smartphone yang kita gunakan sampai kebutuhan anak-anak sekolah mereka sudah menggunakan komputer.

Hanya saja kita harus tahu bahwa kita adalah pengguna komputer. Kita jangan mau kalah dengan benda itu, kita harus memiliki kontrol terhadap diri sendiri supaya tidak terlalu memforsir diri untuk ketergantungan dengan komputer dan segala fitur yang disajikan di depan mata kita.

Marilah menjadi pengguna yang bijak dan hanya menggunakan komputer untuk menyelesaikan segala pekerjaan kita.

Tinggalkan komentar