Review Menggunakan Hello System – OS Mirip MacOS Classic

JagoTekno – Hello system merupakan system operasi yang dibuat berbasis FreeBSD 13. Saat artikel ini dibuat sudah berada di versi 0.7 dan belum rilis secara resmi tapi sudah bisa digunakan.

Apa saja kelebihan dan kekurangan os ini? Berikut review saya menggunakan Hello System secara live usb di laptop Thinkpad X220.

Silahkan pilih versi rilis terbaru lalu download Hello System untuk mencobanya.

Atau anda bisa terlebih dahulu melakukan deteksi hardware apa yang didukung oleh FreeBSD melalui link ini

Review Hello System terbaru

Versi hello terbaru memiliki file iso yang cukup kecil, hanya sekitar 800 Mb saja. Dan sudah bisa langsung digunakan pada USB flashdisk yang sudah terinstall Ventoy.

Mereka bilang pada saat system booting menggunakan USB, system akan berjalan bukan melalui RAM melainkan langsung mendeteksi semua hardware yang saya gunakan dan menjalankannya secara native.

Heran kok ini rasanya smooth padahal hanya digunakan secara live usb.

Dukungan hardware

About system Thinkpad X220 – Hello System

Saya menggunakan Thinkpad X220, dan ternyata sudah didukung oleh FreeBSD.

Saat pertama kali menggunakan OS ini saya tidak menyangka bisa mendapatkan performa yang smooth. Hal yang paling mencolok adalah ketersediaan driver laptop saya.

Padahal ini FreeBSD loh yang mana dukungan hardware nya terbilang cukup sulit dilakukan. Sewaktu saya install FreeBSD 13 di laptop ini driver untuk Xorg saja harus dilakukan seara manual.

Tampilan Hello System

Default font Hello OS

Hello System sebenarnya berjalan di atas Kwin (window manager yang juga menjalankan KDE) yang kemudian dikenal dengan nama Hello Desktop.

Beberapa pengaturan familiar bisa ditemukan sama seperti system setting KDE Plasma.

Tapi ini dipoles sedemikian rupa sehingga tampilannya mirip seperti MacOS milik Apple, seperti dengan menambahkan Global Menu dengan fitur yang lebih baik dari pada Global menu bawaan KDE Plasma.

Kemudian terdapat dock di bagian bawah untuk menampilkan shortcut aplikasi.

Filer adalah aplikasi file manager bawaannya. Ketika menggunakannya setiap folder yang diakses akan terbuka sebagai window baru di layar.

Anda bisa install file manager favorit anda.

Aplikasi bawaan

Aplikasi bawaan hanya sedikit, hanya tersedia :

  • Falcon – Web Browser
  • Filer – File manager
  • Qterminal – Terminal emulator
  • System Preferences
  • dan beberapa aplikasi sederhana lainnya

Aplikasi bisa langsung diinstall melalui terminal dengan perintah sudo pkg install nama-aplikasi sama seperti perintah FreeBSD.

Beberapa aplikasi hadir di menu aplikasi seperti (Gimp, Inkscape, LibreOffice, dan lain-lain), tapi itu belum terinstall. Jika menekan menu tersebut anda akan melihat opsi untuk mulai menginstallnya.

Aplikasi berjalan sangat smooth. Video player, Web browser pun langsung bisa memutar video youtube dengan resolusi yang tinggi tanpa terasa lag.

Performa system

Desktop Hello System

Penggunaan desktop terbilang lancar. Tapi tidak ada efek transisi yang menarik atau smooth yang penting performanya lancar saja.

Saya sudah mencoba aplikasi video player bawaan dan benar saja Hello System sudah mampu memutar video 60fps dengan sangat lancar tanpa ada lag.

Bahkan Falcon browser mampu memutar video di youtube dengan lancar.

Kita tidak bisa melakukan konfigurasi kostumisasi tampilan desktop sebanyak opsi yang diberikan KDE Plasma. Ini bagus karena filosofi Hello System adalah memberikan desktop yang minimalis.

Akhir kata

Hello System hadir dengan tampilan desktop yang minimalis. Mengusung tampilan klasik MacOS membuat pengalaman menggunakan desktop Unix terasa berbeda.

Dengan FreeBSD terbaru saya pikir OS ini bisa digunakan di laptop yang ingin mendapatkan experience menggunakan MacOS dengan aplikasi open source.

Tapi harus diingat bahwa dukungan hardware di FreeBSD tidak sebanyak Linux. Jadi mungkin saja driver laptop anda tidak akan berjalan normal, apalagi jika anda menggunakan hardware terbaru jaman sekarang.

Saya harap developer Hello System bisa segera merilis versi stable OS ini supaya semakin banyak orang bisa menikmati software gratis untuk bekerja.

Satu pemikiran pada “Review Menggunakan Hello System – OS Mirip MacOS Classic”

  1. terima kasih reviewnya.
    saya tertarik menginstal hello ke laptop saya

    Balas

Tinggalkan komentar