12+ Pertimbangan Spesifikasi Laptop Terbaik untuk Dibeli Supaya Tidak Menyesal

JagoTekno – Sekarang Laptop sepertinya sudah menjadi barang yang harus dimiliki untuk bisa bekerja di bidang komputer/IT.

Ada yang membeli laptop terbaik untuk anak sekolah, kuliah ataupun memang untuk bekerja dan menghasilkan uang dari itu.

Tapi ketika melihat harga laptop ternyata ada yang mahal ada pula yang murah.

Laptop mahal biasanya dibarengi dengan spek yang tinggi tapi ada juga laptop yang murah tapi speknya sudah bagus.

Salah satu pilihan terbaik yaitu dengan membeli laptop second dengan merek tertentu seperti (Lenovo Thinkpad seri X,T,W,P, Dell dengan seri XPS, HP dengan seri Zbook nya, Macbook dan lain sebagainya).

Tapi itu tidak akan dibahas panjang lebar disini, kita akan membahas tentang hal apa saja yang perlu diperhatikan saat membeli laptop supaya tidak menyesal.

Pertimbangkan secara matang sebelum membeli laptop supaya tidak menyesal setelah membelinya.spek laptop terbaik

Harga laptop terbaik

Harga laptop bisa beragam. Ada yang murah ada pula yang mahal.

Jika anda tahu spek, anda bisa mendapatkan laptop bagus dengan harga yang cukup murah.

Harga laptop bisa dibedakan dari jenis dan fungsi laptop itu sendiri.

Laptop untuk anak sekolahan

Anak sekolahan (SMP-SMA) biasanya menggunakan laptop untuk mengerjakan tugas seperti mengetik tugas-tugas sekolah (office).

Harga laptop baru untuk kebutuhan anak sekolah cukup murah. Sekitar 2-5 juta sudah cukup.

Tapi jika anda ingin membeli laptop second yang harganya cukup murah, saya merekomendasikan untuk membeli merek Lenovo Thinkpad saja.

Laptop untuk kuliah dan kerja

Nah disini kita mulai melihat spek yang diinginkan. Laptop untuk anak kuliah dengan jurusan tertentu pasti butuh spek yang bagus untuk dapat bekerja di lab.

Misalnya anda kuliah di jurusan Teknik Arsitek, maka anda butuh laptop yang bisa lancar menjalankan program 3D seperti Autocad, 3dMax, Blender, dan lain-lain.

Spek laptop untuk ini cukup tinggi. Dan jika melihat harganya juga jangan kaget. Harganya bisa sekitar 10 sampai 20 juta rupiah.

Tapi jika anda ingin membeli laptop second saja, anda bisa mendapatkan Thinkpad dengan spek yang tapi harganya masih terjangkau yaitu dengan membeli Thinkpad seri P.

Begitupun untuk bekerja di kantoran, pilihlah laptop dengan spek business.

Body

Body laptop terbaik itu harus terlihat solid kokoh. Terasa ketika digenggam langsung. Contohnya lihat saja semua seri MacBook yang bodynya terasa premium dengan bahan metal.

Itu akan memberikan kesan experience yang asyik bagi penggunanya.

Fitur

Tahukah kamu kalau engsel layar dan body itu perannya sangat penting. Banyak laptop rusak engselnya karena terbuat dari bahan yang tidak kokoh.

Salah satu laptop dengan fitur engsel terbaik adalah Thinkpad.

Thinkpad sangat jarang rusak di bagian engselnya. Ketika dibongkar engselnya terpasang kokoh di rangka body thinkpad itu sendiri.

Jadi pikirkan matang-matang.

Port

Jaman sekarang kecepatan transfer data sangat penting. Orang tidak mau menunggu lama ketika sedang mengcopy data dari laptop ke Flash disk atau hard disk external.

Jadi pilihlah laptop yang sudah mendukung port USB 3.0.

Adapun port lain yang mungkin anda butuhkan seperti :

  • HDMI
  • VGA
  • Slot Memory Card Reader
  • Jack Audio

Perhitungkan juga jumlah port yang dibutuhkan, jika anda terbiasa bekerja dengan beberapa device tambahan (seperti Printer, Scanner, Mouse, Hard Disk) maka anda butuh laptop dengan slot yang cukup banyak.

Laptop terbaik dengan fitur seperti itu bisa ditemukan pada seri-seri laptop Workstation. Contohnya Thinkpad seri T, W dan P.

Processor

Processor menjadi hal yang biasa orang pertimbangkan paling pertama, tapi bagi saya tidak. Processor bisa dikompromikan jika kita sudah tahu apa yang ingin dilakukan menggunakan laptop.

Tapi bagi saya saat ini processor laptop harus minimal memiliki 4 core. Kalau intel minimal sudah menggunakan seri Intel Core i5.

VGA

Laptop terbaik dengan VGA (Nvidia / AMD) sangat dibutuhkan bagi anda yang ingin bekerja di bidang desain grafis, 3D modelling, Programming menggunakan Android Studio.

Sehingga kinerja processor tidak ngosngosan saat melakukan rendering.

Upgradable Memory dan HDD/SSD/NVME

Kadang juga saat membeli laptop kita ingin menambahkan / upgrade memory karena ternyata kebutuhan kita cukup besar. Sehingga jalan ninja yang dilakukan adalah dengan membeli memory tambahan.

Sebaiknya sebelum membeli laptop tanyakan kepada penjualnya apakah bisa melakukan upgrade ram.

Baca juga : Cara memilih SSD terbaik untuk laptop

Kipas laptop

Pernahkah anda merasa kalau kipas laptop itu terasa berisik saat sedang konsentrasi bekerja. Saya merasakan hal ini cukup mengganggu saat menggunakan laptop jadul saya dengan merk Asus dan Acer (bukan seri premium). Dan akhirnya kini rusak.

Sejak menggunakan Thinkpad saya tidak merasakan hal ini begitu mengganggu. Laptop Thinkpad X220 saya terasa kalem meskipun sudah dibawa bekerja selama 10 jam lebih.

Saat ini laptop terbaik saya jatuh pada Thinkpad X220.

Layar

Layar laptop merupakan bagian yang berhubungan dengan kontak mata. Jika kita tidak menyadari hal ini kita akan merasa lelah saat menggunakan laptop.

Resolusi

Resolusi standar yang normal digunakan saat ini adalah 1366×768. Tapi jika anda mendapatkan laptop pilihan dengan resolusi FullHD 1920×1080 itu adalah pilihan yang lebih baik.

Tipe / Jenis layar

Untuk tipe layar yang nyaman di mata kita bisa melihat layar Macbook sebagai standar laptop terbaik.

Ketika melihat layar macbook mata terasa nyaman, detail, dan warna yang dihasilkan cukup presisi. Ini karena Macbook memiliki teknologi DCIP3 yang ditanamkan pada layarnya.

Sedangkan untuk tipe layar lain ada seperti :

  • IPS
  • TN (Thinkpad X220 saya menggunakan tipe layar ini)

Layar TN itu lebih cepat dari pada IPS, cocok untuk yang ingin bermain game, tapi warna yang dihasikan tidak terlalu presisi.

Keyboard

Layout keyboard

Ini sengaja saya masukkan karena melihat di toko online banyak laptop yang dijual murah. Tapi ternyata keyboard nya adalah keyboard Jepang.

Kita di Indonesia pasti tidak familiar dengan tipe keyboard seperti ini. Kita lebih nyaman menggunakan layout keyboard US saja.

Saya pernah menggunakan laptop dengan format keyboard Jepang, dan itu memberikan user experience yang buruk bagi saya.

Pastikan anda memilih laptop dengan keyboard layout US.

Jenis keyboard

Ada beberapa jenis keyboard seperti :

  • Chicklet
  • Membran
  • Mechanical

Chicklet adalah jenis keyboard yang paling sering digunakan di laptop terbaik. Pada bagian bawah tuts nya terdapat plastik dan plat tipis yang bersifat seperti per sekaligus memberikan suara klik yang tipis.

Membran adalah jenis keyboard yang memiliki karet di bawah tutus nya. Sehingga saat ditekan terasa empuk.

Mechanical merupakan tipe keyboard yang lebih kompleks tapi sangat nyaman digunakan. Saya belum pernah melihat laptop dengan tipe keyboard mechanical.

Baterai

Daya tahan baterai untuk laptop terbaik sebaiknya yang bisa digunakan selama 1 atau 2 jam tanpa di charge.

Macbook M1 bisa digunakan tanpa charge selama lebih dari 8 jam.

Tochpad / Trackpad

Touchpad yang lebar akan memudahkan kita bekerja dengan beberapa file sekaligus dengan memanfaatkan motion gesture nya.

Laptop thinkpad memiliki touchpad yang kecil dan sebagus produk Macbook. (harus diakui ini)

Jika anda nyaman menggunakan touchpad maka pilihan utama jatuh pada Apple Macbook sebagai laptop terbaik

Tapi jika masih dikompromikan maka thinkpad adalah pihan kedua untuk merasakan keyboardnya yang cukup nyaman (apalagi Thinkpad dengan 7 key row seperti Thinkpad X220).

Buat yang belum tahu, thinkpad memiliki titik merah di antara huruf G dan H di keyboardnya. Ini digunakan untuk kontrol mouse. Dulu saya pikir ini tidak akan sebagus touchpad tapi seiring waktu bisa fasih menggunakannya, dan terasa lebih cepat.

Service center

Jangan memilih laptop dengan merek yang tidak memiliki service center di kota anda. Karena ketika terjadi kerusakan anda akan pusing sendiri.

Jika laptop yang dibeli ternyata laptop second yang sudah lama, anda bisa membawanya ke tempat service biasa untuk diperbaiki karena biasanya teknisi sudah paham.

Nilai saat dijual kembali

Laptop terbaik dengan nilai jual yang masih tinggi masih saat ini adalah Apple Macbook dan laptop-laptop gaming dan seri laptop business dan workstation.

Selain itu laptop yang biasa-biasa saja harganya akan jatuh.

Apalagi kondisi dan speknya yang kurang tinggi. Pasti harganya bakalan jatuh.

Akhir kata

Demikian penjelasan tentang hal apa saja yang perlu diperhatikan saat memilih laptop terbaik supaya tidak menyesal setelah membelinya.

Semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar